Latest videos

jabar101
7 Views 4 days ago

Pengukuhan 167 Kuwu untuk Perpanjangan Masa Jabatan

Bupati Indramayu, Nina Agustina, telah resmi mengukuhkan 167 Kuwu di Kabupaten Indramayu untuk memperpanjang masa jabatan mereka selama dua tahun. Pengukuhan ini dilaksanakan pada Kamis, 20 Juni 2024, di Pendopo Indramayu dan dihadiri oleh seluruh Kepala SKPD, Camat, serta keluarga Kuwu yang ingin menyaksikan prosesi tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Nina Agustina menegaskan bahwa perpanjangan masa jabatan ini adalah amanah dari Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Ia mengingatkan para Kuwu untuk bekerja dengan baik, memberikan layanan yang nyata, dan menggunakan Dana Desa dengan amanah. Diharapkan dengan perpanjangan ini, para Kuwu dapat terus melanjutkan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di desa masing-masing.

#PengukuhanKuwu #Indramayu #BupatiNinaAgustina #MasaJabatan #DanaDesa #kerjadenganhati
#KerjaBaik
#kerjanyata
#IndramayuPunyaCerita
#IndramayuBermartabat
#kotamanggagedunggincu
#IndramayuBermartabat馃馃徎
#10ProgramUnggulan
#Dokmaru
#KerjaBaikKerjaNyata

jabar101
4 Views 4 days ago

DPMD Bersama Tim Meninjau Tanah Aset Desa: Langkah Awal Perubahan Status Tanah

DPMD bersama tim melakukan peninjauan tanah sebagai langkah awal dalam proses perubahan status tanah saluran menjadi aset desa. Peninjauan ini bertujuan untuk memastikan bahwa tanah tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan desa dan masyarakat. Proses perubahan status ini diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan aset desa dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi pembangunan desa.

#DPMD #PeninjauanTanah #AsetDesa #PerubahanStatusTanah #PembangunanDesa

jabar101
2 Views 4 days ago

PENYERAHAN MOBIL MASKARA KE 2 DESA DI KABUPATEN INDRAMAYU

jabar101
4 Views 4 days ago

PENGELOLA KEUANGAN DESA CARA BAYAR PAJAK

jabar101
3 Views 4 days ago

鈦rofil Sejarah Pantura

jabar101
47 Views 4 days ago

Film dengan tema semi dokumenter dengan judul film 鈥淎ADC - Apa Ada Di Cibaduyut (?)鈥 karena, ingin membuat masyarakat dan para wisatawan menjadi lebih mengenal wisata Cibaduyut lebih dalam lagi dan tidak dilupakan diera maraknya brand luar yang masuk ke Indonesia. Alur cerita yang diharapkan oleh penulis dapat tersampaikan pesan-pesan yang terkandung didalamnya. Meskipun persaingan semakin ketat, pengrajin lokal masih terus berjuang untuk mempertahankan budaya dan kualitas produk Cibaduyut. Film ini juga berperan sebagai jendela bagi penonton, terutama generasi milenial dan zilenial, untuk melihat perkembangan terkini Cibaduyut.

Sponsor By:
1. BTN Syariah
2. Bank Syariah Indonesia
3. BNI
4. Ginting Insitute
5. Keinara
6. Quilla "Herbal Indonesia Sejahtera"
7. Hi Foodrink "Selalu di Hati"
8. Azaki
9. Kopi Tubruk Gadjah
10. Hokben
11. Fruit Tea
12. IDP-LP
13. Sierra "Segarnya Mineral"
14. Mahkota
15. Flossa

jabar101
6 Views 4 days ago

鈦eresmian Bendungan Cipanas oleh Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin - 鈦arapan Baru Bagi Petani Indramayu

jabar101
5 Views 7 days ago

Beriklan melalui Google Ads bisa dikatakan sebagai salah satu solusi yang cukup efektif dalam mengenalkan produk atau bisnismu ke khalayak. Melalui Google Ads, situs web yang kamu punya bisa tampil di halaman pertama pencarian Google. Namun, jangan sampai iklan yang kamu lakukan di Google Ads menjadi sia-sia karena beberapa kesalahan yang mungkin saja bisa kamu lakukan.

Di video kali ini, kita akan bahas apa saja kesalahan-kesalahan yang bisa dilakukan saat beriklan melalui Google Ads. Kira-kira apa saja? Simak videonya ya!

Dapatkan juga berbagai informasi tips bisnis, startup, digital marketing lainnya di Blog IDCloudhost : https://idcloudhost.com/blog/

Jangan lupa like, comment, dan share video IDCloudHost!
#OneStopPlatfromToGoDigital

Follow akun media sosial untuk informasi promo, layanan hosting dan banyak hal menarik lainnya!
Facebook: https://facebook.com/idcloudhost
Twitter: https://twitter.com/idcloudhostcom
Instagram: https://instagram.com/idcloudhost

jabar101
6 Views 7 days ago

Untuk menjadikan website kamu sebagai peringkat teratas pencarian Google, kamu harus melakukan beberapa hal. Selain meningkatkan kualitas konten, kamu juga harus memahami tentang Search Engine Optimization atau SEO.

SEO terbukti dapat meningkatkan hasil peringkat website di mesin pencari, sehingga website kamu akan lebih mudah ditemukan. Hal ini secara langsung juga akan meningkatkan traffic website kamu. Hal ini penting karena ternyata 75% pengguna internet hanya memperhatikan halaman pertama pencarian Google.

Lalu bagaimana cara kerje SEO sehingga berpengaruh terhadap konten di website kamu? Simak video ini untuk mendapatkan jawabannya.

Ikuti juga berbagai perkembangan SEO melalui blog dan panduan IDCloudhost yang bisa kamu dapatkan secara GRATIS di : https://idcloudhost.com/blog/

Jangan lupa like, comment, dan share video IDCloudHost!
#OneStopPlatformToGoDigital

Follow akun media sosial untuk informasi promo, layanan hosting dan banyak hal menarik lainnya!

Facebook: https://facebook.com/idcloudhost
Twitter: https://twitter.com/idcloudhostcom
Instagram: https://instagram.com/idcloudhost

jabar101
7 Views 10 days ago

DISKOMINFO INDRAMAYU - ARMADA

jabar101
6 Views 10 days ago

Diskominfo Indramayu - Senam & Marching Band

jabar101
5 Views 10 days ago

DISKOMINFO - INDRAMAYU Talkshow

jabar101
3 Views 10 days ago

DISKOMIINFO - iNDRAMAYU KANG DJ

jabar101
5 Views 10 days ago

Diskominfo - Indramayu Doorprize

diskominfo_imy
6 Views 13 days ago

DISKOMINFO INDRAMAYU - Wakapolda Jabar Brigjen Pol Bariza Sulfi melakukan kunjungan ke Kabupaten Indramayu untuk meninjau kegiatan vaksinasi. Kunjungan tersebut dilakukan sebagai bentuk monitoring percepatan vaksinasi di Kabupaten Indramayu.
Wakapolda Jabar tiba di komplek Bumi Patra Kabupaten Indramayu menggunakan Helikopter. Kedatangan Wakapolda Jabar di Bumi Wiralodra disambut hangat oleh Bupati Indramayu Nina Agustina Da鈥檌 Bachtiar, didampingi Komandan Kodim 0616 Indramayu Letkol ARM Andang Radianto dan Kapolres Indramayu AKBP M. Lukman Syarif.
Percepatan vaksinasi terutama vaksin booster terus dilakukan di Kabupaten Indramayu. Diharapkan capaian vaksinasi booster ini dapat meningkat sejalan dengan peninjauan safari vaksinasi oleh Wakapolda Jabar yang menargetkan capaian vaksinasi booster di provinsi Jawa Barat sebesar 30%.
Kegiatan vaksinasi booster tersebut dilaksanakan di pendopo Indramayu dan sudah dimulai sejak pagi hari dan diikuti oleh pelajar dan masyarakat umum pada Selasa (26/07/2022).
Pada kegiatan tersebut disediakan berbagai doorprize bagi masyarakat yang telah melakukan vaksinasi. Doorprize yang telah disiapkan berupa barang elektronik seperi lemari es, mesin cuci, tv dan doorprize utama adalah sepeda motor.
Bupati Indramayu Nina Agustina Da鈥檌 Bachtiar dalam sambutannya mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Hal ini demi menghindari penyebaran covid-19.
鈥淲alaupun kita sudah booster, saya berharap masyarakat Indramayu tetap menerapkan protokol kesehatan. Selalu jaga kesehatan, jangan lengah, karena bagaimana pun kita masih harus waspada dengan adanya pandemi ini yang belum berakhir," ujar Bupati Nina.
Dalam sambutannya Wakapolda Jabar menyampaikan, dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi di Kabupaten Indramayu ini, antusiasme masyarakat sangat luar biasa. Ratusan masyarakat antusias mengikuti vaksinasi baik dari kalangan pelajar maupun masyarakat umum.
Wakapolda menambahkan, kegiatan vaksinasi tersebut dapat membuat masyarakat di Kabupaten Indramayu menjadi sehat dan terhindar dari virus corona. Menurut penelitian, vaksinasi booster tersebut dapat mencegah terjangkitnya wabah covid-19 dan apabila tertular pun, dapat mengurangi tingkat fatalitynya.
Jika ada masyarakat yang sudah melakukan booster dan masih terkena covid-19, juga dapat mengurangi tingkat isolasi. Jika sebelumnya harus melakukan isolasi di tempat tertentu ataupun di rumah sakit, maka jika sudah memperoleh vaksinasi booster, dapat melakukan isolasi mandiri di rumah.
Oleh karena itu dengan adanya kegiatan vaksinasi tersebut, Wakapolda Jabar berharap kepada masyarakat dan segenap pihak untuk kedepannya tetap mendukung kegiatan vaksinasi tersebut dan dapat mengajak seluruh anggota keluarganya untuk melakukan vaksinasi. (Isnaini/MTQ 鈥 Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)
#IndramayuBermartabat
#DenganHati
#IndramayuPunyaCerita
#InfoBermartabat
Nina Agustina Da鈥檌 Bachtiar
POLDA JABAR

diskominfo_imy
7 Views 13 days ago

DISKOMINFO INDRAMAYU -- Bupati Indramayu Nina Agustina Da鈥檌 Bachtiar ikut panen perdana buah melon di Blok Kalen Jungkrang, Desa Kedokan Gabus, Kecamatan Gabuswetan Kabupaten Indramayu, Kamis (21/7/2022).
Kegiatan panen melon perdana ini juga diikuti Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Barat Ridwansyah Yusuf, Ketua KNPI Indramayu Yoga Rahardiansyah, Kepala Bappeda-Litbang, Kepala Dinas PUPR, Kepala BJB Cabang Indramayu serta camat dan para kuwu.
Dalam sambutannya Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan, dirinya atas Pemerintah Kabupaten Indramayu sangat menyambut baik dan sangat mengapresiasi sekali kepada KNPI yang telah merangkul para petani dan pemuda untuk berinovasi dalam sektor pertanian mengikuti jejak Saruja pemilik kebun sentra melon Indramayu.
Salah satunya, ungkap Bupati Nina Agustina, KNPI memberdayakan dan mengajak pemuda di Kecamatan Gabuswetan bertani atau budidaya buah melon, sehingga diharapkan bisa terus berkelanjutan baik untuk terwujudnya ketahanan pangan juga bisa untuk peningkatan sektor wisata.
鈥淢ungkin KNPI juga sebagai penggerak untuk wisata petik melon pertiga bulan yang ada di desa-desa di Kabupaten Indramayu,鈥 harapannya.
Sementara itu pemilik lahan Sentra Melon Indramayu, Saruja menceritakan, dirinya dahulu sebelum menjadi petani melon berprofesi sebagai penjual Handphone. Namun sejak masa pandemi Covid-19 akhirnya beralih mengembangkan sektor pertanian budidaya buah melon.
Saruja yang juga Ketua Sentra Melon Indramayu menambahkan, dirinya memiliki tekad untuk menekuni budidaya buah melon dengan semangat serta inovasi dan belajar dari internet serta temannya untuk meningkatkan produksi buah melon. Upaya Saruja tidak berhenti disitu saja, dirinya pun terus melakukan terobosan salah satunya membuat sumber air yaitu sumur sibel yang tujuannya agar tidak tergantung dengan irigasi yang sudah ada.
鈥淎lhamdulillah sekarang saya sudah tidak ragu lagi untuk bercocok tanam di bulan berapapun karena sudah antisipasi untuk airnya dengan Sumur Sibel ini,鈥 ujarnya.
Keberhasilan Saruja menanam buah melon ini di lahan seluas 15 hektare yang dimana setiap satu tanaman melon tumbuh 2 buah melon. Lanjutnya, 1 kilogram buah melon dihargai 20 ribu dan diakuinya sudah dikirim ke wilayah Bandung Jawa Barat.
Saruja pun akan menjadikannya sebagai agrowisata Melon Indramayu (Melinda) dan mengajak kepada masyarakat untuk tetap optimis dan selalu semangat dalam mengembangkan atau bertani buah melon. Selain itu dirinya juga akan siap memberikan pendampingan.
Dalam kesempatan ini Bupati Indramayu Nina Agustina memberikan bantuan kepada Saruja selaku pemilik lahan untuk kemudian dibagikan kepada para petani berupa bibit tanaman buah melon dan rockwool. (Wira/MTQ鈥擳im Publikasi Diskominfo Indramayu)
#IndramayuBermartabat
#IndramayuPunyaCerita
#DenganHati
#InfoBermartabat
Nina Agustina Da鈥檌 Bachtiar
Kecamatan Gabuswetan

diskominfo_imy
4 Views 13 days ago

DISKOMINFO INDRAMAYU -- Mustasyar Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, MA. didampingi Bupati Indramayu Nina Agustina Da'i Bachtiar menghadiri Haul ke-119 Kyai Syakir dan Sepuh Wotgalih bertempat di Desa Singajaya, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Sabtu (21/5/2022).
Dalam kesempatan ini Mustasyar PBNU KH. Said Aqil Siradj, MA. menyampaikan, manusia dalam Bahasa Arab dapat diartikan Insan yang memiliki makna harmoni atau intim, akrab dan saling kangen.
Sehingga kata Kang Said -- apaan akrab Said Aqil Siradj--, arti insan ini mahkluk yang satu sama lain saling melengkapi, saling membutuhkan, saling mendukung dan masih terdapat dalam diri Bangsa Indonesia khususnya Wong Indramayu.
鈥淢akna insan ini, Alhamdulillah Bangsa Indonesia wabil khusus wong Indramayu masih betul-betul insan, masih solid, masih akur, masih harmonis. Makanya ada halal bihalal dalam rangka melebur, membangun kembali keharmonisan kita, apa yang kita lakukan sebelum masa sekarang ada konflik, ada tegang, ada bertengkar, mari kita lebur di momen Lebaran ini,鈥 katanya.
Menurutnya, pertemuan dalam Haul Kyai Syakir dan Sepuh Wotgalih ini menjadi momen halal bihalal dan pelekat tali silaturahmi yang merupakan ciri dari segenap Bangsa Indonesia dan Islam Nusantara.
鈥淗alal bihalal sudah melekat di Bangsa Indonesia, itulah yang kita sebut integrasi antara agama dan budaya ciri khas Islam Nusantara, sehingga agamanya dapat yakni saling memaafkan dan budayanya juga dapat yaitu seperti ini Haul Kyai Syakir Wotgalih. Maka Halal bihalal bisa menjadi alat mempererat ukhuwah islamiyah tali persaudaraan kita,鈥 paparnya.
Kang Said mengajak, Haul Kyai Syakir dan Sesepuh Wotgalih dapat dimaknai momen halal bihalal untuk meningkatkan kelas keimanan, kelas islam dan bukan hanya meningkatkan ibadah rutin seperti shalat dan puasa. Namun juga akhlakul karimah bisa ditingkatkan dan tetap melekat dalam diri manusia sebagai hamba yang taqwa kepada Allah SWT.
Menurutnya ketaqwaan dalam diri manusia, harus memiliki 4 sifat wajib yang dimiliki Nabi Muhammad SAW, salah satunya sidiq yang berarti jujur. Sehingga dengan jujur maka akan terus solid dan menjaga kekompakan satu sama lain dalam ikatan persaudaraan.
鈥淭ugas kyai mengajak masyarakat Indramayu meningkatkan iman yang berkualitas dan argumentatif, iman berdasarkan dalil dan jangan mencaci maki non muslim, karena baginda Nabi Muhammad SAW tidak pernah mencaci maki. Ini hendaknya dipahami oleh masyarakat NU di Indramayu,鈥 tambahnya.
Kemudian, memberi perlindungan kepada masyarakat baik muslim maupun non muslim juga bagian daripada jihad, yakni mewujudkan ketentraman dan keamanan yang dijamin oleh negara kepada warga negaranya.
Selanjutnya, memberikan cukup pangan bagi masyarakat dan harus cukup sandang serta papan atau tempat tinggal dan layanan kesehatan dan kesejahteraan dalam hal ini menjadi kewenangan pemerintah juga merupakan bagian dari upaya jihad.
Dengan pertemuan yang sangatlah berbahagia ini Kang Said berharap Indramayu menjadi Baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur, yakni masyarakatnya beriman, tentram nyaman, sehat dan sejahtera. Khususnya untuk keturunan Kyai Syakir mampu melanjutkan misinya Kyai Syakir seperti dakwah islam dengan akhlak yang mulia.
鈥淜eturunan harus melanjutkan misinya, bukan hanya memperkenalkan keturunannya, akan tetapi harus tunjukkan kebesaran kita sendiri. Sebaik-baiknya manusia, nasabnya baik, maka diapun menjadi orang yang berharga, terhormat, berilmu dan beradab,鈥 ujarnya.
Sementara itu Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan, dirinya merasa bersyukur bisa berada dalam satu momen Haul Kyai Syakir dan Sesepuh Wotgalih yang merupakan tokoh ulama yang banyak dikagumi masyarakat Indramayu.
"Alhamdulillah pada hari ini kita bersama-sama mengikuti Haul Kyai Syakir dan Sesepuh Wotgalih yang menjadi salah satu wujud kecintaan, kebanggaan dan penghormatan kita kepada sosok yang kita kagumi," katanya.
Bupati Nina Agustina menyampaikan, dalam memperingati tokoh ulama tidak semata acara rutin tahunan, namun terdapat makna yang lebih dalam yaitu mengingat segalanya tentang beliau dari perjuangan, kebaikan, perilaku dan ajarannya. Itu semua dapat kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari.
Acara Haul Kyai Syakir dan Sesepuh Wotgalih ini Kang Said bersama Bupati Indramayu Nina Agustina secara simbolis memberikan santunan kepada 50 anak yatim piatu dan juga imam masjid dan mushola yang berada di lingkungan Desa Singajaya, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu. (Abi/MTQ--Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)
#IndramayuBermartabat
#DenganHati
#IndramayuPunyaCerita
#InfoBermartabat
Nina Agustina Da鈥檌 Bachtiar

diskominfo_imy
9 Views 13 days ago

DISKOMINFO INDRAMAYU -- Bupati Indramayu Nina Agustina Da鈥橧 Bachtiar meresmikan program Lebu Digital (Le-Dig) Desa Cantigi Kulon Kecamatan Cantigi Kabupaten Indramayu. Kegiatan peresmian ini sontak disambut meriah masyarakat setempat yang hadir sejak siang hari, di Halaman Kantor Desa Cantigi Kulon Kecamatan Cantigi Kabupaten Indramayu, Kamis (7/7/2022).
Peresmian program Le-Dig di Desa Cantigi Kulon tentu menjadi sejarah karena satu-satunya desa yang berhasil mengimplementasikan program Le-Dig yang merupakan satu diantara sepuluh program unggulan Bupati Indramayu dengan visi Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat
).
Dalam sambutannya Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan, Pemerintah Kabupaten Indramayu mempunyai 10 program unggulan yang bertujuan menjadikan masyarakat Indramayu lebih sejahtera dan merasa terjamin dalam menjalankan kehidupan karena menyasar ke berbagai sektor, mulai kesehatan, pendidikan, pembangunan keagamaan hingga ekonomi.
Menurutnya, satu persatu program yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Indramayu untuk kesejahteraan masyarakat mulai diimplementasikan. Seperti halnya Le-Dig di Desa Cantigi Kulon yang merupakan langkah mewujudkan desa cerdas atau _smart village_ dengan memanfaatkan teknologi informasi.
鈥淒igitalisasi setiap desa ini dimaksudkan agar masyarakat Cantigi Kulon semakin cepat dan mudah dalam mendapatkan pelayanan,"katanya.
Untuk itu jelas Bupati Nina, perkembangan teknologi ini akan sangat menguntungkan dan memudahkan aktivitas keseharian jika kita semua menguasainya. Namun jika bermalas-malasan maka akan tertinggal dan tergerus oleh arus modernisasi.
鈥淏ahwa semuanya serba gampang dan bisa dilaksanakan dirumah yang terpenting mempunyai handphone android. Membeli sayuran yang ada marketplace bisa, dan tentu ini sangat mempermudah masyarakat dalam aktivitas keseharian," jelasnya.
Bupati Nina menginginkan, jika program Le-Dig ini semakin luas diimplementasikan di Kota Mangga. Dibutuhkan peranan masing-masing kepala desa yang harus sinergi dalam membangun desanya menuju smart village seperti masarkan produk olahan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui program Le-Dig dengan sistem eDESA.
鈥淚ni perlu ditiru oleh kepala desa yang lain bisa saling sinergi utamanya dalam memasarkan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui edesa atau lebu digital ini. Kemudian kuasai marketplace yang ada di desa apapun produk yang dimiliki desa bisa saling berkaitan dengan desa atau kecamatan lain di Indramayu,鈥 tambahnya.
Bupati Nina berharap, sejumlah desa di Indramayu khususnya di wilayah Kecamatan Cantigi bisa meniru Desa Cantigi Kulon yang mampu mengiplementasikan program Le-Dig. Hal ini ungkap Bupati Nina, program Le-Dig yang menjadi bagian sepuluh program unggulan merupakan kepentingan masyarakat dan sudah didaftarkan di Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri), selain itu masuk dalam RPJMD dan di-Perdakan.
鈥淢ari bersama-sama program unggulan ini bisa disupport. Visi Indramayu Bermartabat bukan milik kepala daerah tetapi untuk warga dan kesejahteraan masyarakat Indramayu karena sudah didaftarkan di Kemendagri, kemudian masuk RPJMD kita dan sudah diperdakan, sehingga harus benar-benar mensukseskan Indramayu Bermartabat," harapannya.
Sementara itu Kepala Desa Cantigi Kulon Chaerotunnisa memaparkan, implementasi program Le-Dig di Desa Cantigi Kulon memakai sistem android yang dinamai eDESA besutan PT. Inti Smart Solution yang menyajikan pelayanan dengan mudah untuk masyarakat dan menghadirkan mesin ANJUNGAN DESA.
鈥淎plikasi eDESA dan mesin ANJUNGAN DESA adalah jawaban efektif untuk warga desa yang selama ini berpikir mengurus layanan di kantor desa langsung itu lama atau ribet atau lainnya. Terkhusus aplikasi eDESA ini masyarakat bisa mengajukan juga pembuatan surat SKTM dan lainnya dari rumah langsung,鈥 jelasnya.
Selain itu, apalikasi eDESA tersebut menyajikan kabar desa, forum sesama desa, transparansi keungan desa, hingga usaha desa seperti membeli pulsa, membayar listrik yang dapat menambah uang kas BUMDes dan sebagai layanan aduan pertolongan yang bisa diakses secara cepat.
鈥淛adi eDESA terbagi menjadi 3 fase pengembangan. Pertama pengembangan layanan administrasi, informasi desa dan PPOB. Kedua nantinya akan memiliki marketplace produk-produk UMKM yang dibina oleh BUMDes. Fase 3 ini tersedia layanan monitoring peformance UMKM yang yang dapat diakses oleh investor sebagai sumber data kemudahan berinvestasi dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan berdampak pada ekosistem digital dan ekonomi desa,鈥 ujarnya. (MT/MTQ鈥擳im Publikasi Diskominfo Indramayu)
#IndramayuBermartabat
#IndramayuPunyaCerita
#DenganHati
#InfoBermartabat
Nina Agustina Da鈥檌 Bachtiar




Showing 1 out of 25